Pemerintah Desa Nganguk
Website Pelayanan Online Terpadu Desa Nganguk

INFORMASI

PENYULUHAN DAN DONOR DARAH
02 OKT 2021 - 09:30

Kegiatan penyuluhan dan donor darah yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Nganguk bekerja sama dengan tim dari puskesmas kecamatan kota dan PMI kabupaten Kudus dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 2 Oktober 2021 bertepatan dengan Hari Batik Nasional.

Menariknya, hari tersebut seluruh panitia yang bersangkutan beserta dengan mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus mengenakan kostum yang berbau dengan batik. kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh remaja desa Nganguk beserta kakak-kakak karang taruna Cempaka Muda desa Nganguk. Sebelum kegiatan donor darah, seluruh hadirin dipersilahkan untuk mengikuti kegiatan penyuluhan yang disampaikan oleh tim dari puskesmas kecamatan kota yang mengangkat tema tentang anemia pada remaja putri. Berkaitan dengan tema yang diangkat, kegiatan penyuluhanpun diselingi dengan pengecekan HB (hemoglobin) untuk bisa mengetahui kurang tidaknya sel darah merah yang ada pada tiap remaja yang hadir. Pengecekan HB ini juga digunakan untuk kegiatan selanjutnya yaitu donor darah.

Donor darah dimulai tepat pukul 09.30 WIB seusai kegiatan penyuluhan. “Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali, jadi mumpung ada mahasiswa KKN, saya harap mahasiswa KKN juga ikut donor ya, karena donor darah itu wujud dari rasa kemanusiaan. Setetes darah yang disumbangkan teramat berarti bagi mereka yang membutuhkan” jelas Ibu Lina Ermawati selaku kepala desa Nganguk.

Sebelum melakukan donor, tim dari PMII kota Kudus melakukan pengecekan untuk mengetahui calon pendonor ini memasuki kriteria atau tidak. Mahasiswa KKN-IK pun mengikuti prosedur sebelum melakukan donor darah. Dan Alhamdulillah, terdapat dua mahasiswa KKN-IK yang lolos dan dapat melakukan donor darah. Hal ini menjadi kepuasaan tersendiri terutama bagi individu pendonor dan kebanggan bagi pemerintah desa Nganguk.