Pemerintah Desa Nganguk
Website Pelayanan Online Terpadu Desa Nganguk

KKN IK IAIN KUDUS

MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS SIAP MENDARMABAKTIKAN DI DESA NGANGUK
07 SEP 2021 - 08:09

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Siap Mendarmabaktikan di Desa Nganguk

Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari di tempat terpilih kini telah usai. Saatnya bagi para mahasiswa IAIN Kudus melaksanakan kegiatan KKN. KKN sendiri merupakan rangkaian kegiatan lanjutan yang termuat pada mata kuliah wajib mahasiswa semester 7 jenjang pendidikan Strata 1 (S1) yang memiliki kepanjangan Kuliah Kerja Nyata.

KKN kali ini bertempat di Desa Nganguk yang terletak di wilayah kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Pembukaan KKN sendiri dilaksanakan tanggal 6 September 2021 pada pukul 10.00 WIB dengan dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Miftahul Huda, M.A. dan Kepala Desa Nganguk Ibu Lina Ermawati, S.E., M.M. dan jajaran kepengurusan desa. Pembukaan kali ini diadakan secara semiformal dengan rangkaian acara diantaranya yakni sambutan-sambutan dan juga diisi dengan penyerahan secara simbolis antara DPL kepada Kepala Desa Nganguk dilanjut DPL kepada Mahasiswa. Pembukaan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan mengingat saat ini kota Kudus utamanya wilayah kecamatan kota masih terus beroperasi dan menggiatkan masyarakat untuk tetap terus melaksanakan prokes dengan ketat dan waspada.

Sekilas mengenai kegiatan KKN yang akan dilaksanakan selama satu bulan di wilayah desa yang telah dipilih secara resmi oleh pihak kampus. Selama kegiatan KKN, mahasiswa dan mahasiswi memiliki tugas utama yaitu mengabdi kepada masyarakat dengan merealisasikan dua fungsi penting, yang pertama adalah kegiatan KKN harus mampu mendarmabaktikan pengetahuan dan keterampilan (kompetensi) sesuai dengan bidang keilmuan yang didalami selama di bangku kuliah kepada masyarakat dan yang kedua adalah menjadi uji validitas atas kompetensi yang telah dikuasai.   

Kiranya, itu merupakan dua fungsi yang harus diwujudkan oleh para mahasiswa dan mahasiswi selama melaksanakan kegiatan KKN. Kami berharap, kegiatan KKN ini akan berjalan dengan lancar dan sukses sehingga pada akhirnya nanti kegiatan KKN ini akan memberikan banyak kontribusi yang besar sekaligus positif bagi pihak desa dan juga mahasiswa/mahasiswi peserta kegiatan KKN khususnya.

(Kudus, 06/09/2021)