Pemerintah Desa Nganguk
Website Pelayanan Online Terpadu Desa Nganguk

KKN IK IAIN KUDUS

MALAM TIRAKATAN HARI JADI KOTA KUDUS & KHOTMIL QUR’AN
22 SEP 2021 - 19:30

Kudus (22/9/2021), dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Kudus yang ke-476 pemerintah desa Nganguk mengadakan tirakatan yang dihadiri oleh ibu kepala desa Nganguk Ibu Lina Ermawati, S.E, M.M, seluruh perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, bahkan para mahasiswa KKN yang sedang bertugas di Desa Nganguk pun turut diundang.

Kegiatan tasyakuran diadakan di aula desa Nganguk yang pada persiapannya telah dimulai pada sore hari dengan mensetting tempat aula, memasang banner dan sebagainya. Bentuk tirakatan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Kudus yang ke-476 diwujudkan dalam pembacaan khotmil Qur’an dan pembuatan nasi tumpeng. Sehari sebelum pembacaan khotmil Qur’an, pemerintah Desa pun telah membagi satu juznya kepada masing-masing orang yang terlibat dalam acara tirakatan tersebut, salah satu diantaranya adalah mahasiswa KKN-IK dari IAIN Kudus yang sedang bertugas di Desa Nganguk.

Acara tirakatan yang diisi dengan khotmil Qur’an dimulai tepat pada pukul 19.30 WIB. Acara dimulai dengan pembacaan hadroh kepada Baginda Nabi Agung Muhammad saw, para leluhur utamanya leluhur di desa Nganguk dan para leluhur pada umumnya. Kemudian dilanjut dengan pembacaan khotmil Qur’an yang diawali dari surah Al-Kautsar hingga pada surah yang terletak paling akhir yakni surah An-Naas. Pembacaan khotmil Qur’an dibaca secara bersama-sama. Acara diakhiri dengan pembagian nasi tumpeng kepada para hadirin yang berada di aula Desa Nganguk.

Dengan diadakannya acara tirakatan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kudus yang ke-476, semoga Kota Kudus menjadi kota yang semakin jaya, religious dan menjadi kota yang semakin makmur dalam segala bidang pemerintahannya.